Waspada Musim Hujan, Cegah Banjir Masuk ke Rumah dengan Ini!

image

Propertinews.id, Tangerang – Musim hujan yang sekarang ini kerap terjadi tentunya membuat beberapa titik mulai tergenang air. Khususnya Anda yang tinggal di kawasan rawan banjir tentunya menjadi khawatir. Pasalnya, rumah yang terendam banjir akan mudah lapuk dan rusak, serta kerugian lain yang ditimbulkan pun tidak sedikit.

Tingginya curah hujan dapat menjadi faktor utama terjadinya banjir. Memang tidak mudah untuk mengontrol banjir jika Anda berada di kawasan yang rawan banjir. Anda pun tidak tahu kapan banjir akan datang dan masuk ke rumah.

Untuk mencegah air masuk ke dalam rumah, Anda perlu mempersiapkan hal-hal berikut ini agar rumah Anda bebas dari banjir.

Gunakan cat pelapis

Meskipun jenis cat ini sering kali diklaim sebagai cat anti bocor untuk tembok rumah, cat pelapis ini sebenarnya juga dapat digunakan untuk berbagai bagian lain di dalam rumah untuk melindungi dari ancaman banjir.

Bagian dalam rumah yang butuh cat pelapis anti bocor ini adalah bagian fondasi rumah, dinding, pintu, hingga jendela. Hal ini dapat mencegah air masuk melalui celah maupun retakan yang ada pada bagian-bagian tersebut.

Memasang check valve

Check valve merupakan sebuah penutup pipa yang dapat mencegah air masuk dari saluran air. Banjir yang tidak hanya bisa masuk dari depan rumah namun dapat juga masuk dari saluran air di kamar mandi, tentu perlu diantisipasi karena Anda tidak akan sadar tiba-tiba air sudah mengenang dari kamar mandi.

Membuat daerah resapan air

Cara mencegah banjir masuk ke dalam rumah selanjutnya yaitu dengan membuat daerah resapan air atau yang biasa disebut sebagai biopori. Lubang biopori merupakan sebuah lubang yang berbentuk silindris dan dibuat masuk ke dalam tanah sebagai metode resapan air untuk mengurangi genangan dan meningkatkan daya resap air.

Semakin banyak lubang biopori yang dibuat pada halaman rumah, maka rumah akan semakin aman dari banjir karena air yang berada dalam lubang biopori dapat langsung dibuang ke saluran drainase. Disamping itu, lubang biopori seringkali dijadikan tempat pembuatan pupuk kompos organik yang bermanfaat. Untuk membuatnya, Anda cukup datang ke material terdekat dan membeli alat khusus biopori

Pasang paving block

Setiap rumah umumnya memiliki lahan terbuka yang menjadi daerah resapan air ketika turun hujan, jadi air hujan tidak menggenang di depan bahkan masuk ke dalam rumah.

Jika Anda memiliki halaman depan untuk parkir mobil, ada baiknya Anda pasang paving block atau grass block yang berbentuk bolongan di tengah. Bolongan yang ada di tengah ini sangat membantu dalam menyerap air ke dalam tanah.

Meninggikan permukaan rumah 

Jika Anda berencana untuk merenovasi rumah, hal utama yang harus Anda ingat adalah meninggikan permukaan rumah, khususnya jika Anda berada di daerah yang rawan banjir. Solusi ini dianggap menjadi yang paling ampuh untuk mengatasi air banjir masuk ke dalam rumah.

Baca juga: Musim Hujan dan Takut Rumah Kebanjiran? Terapkan Desain Rumah Ini!

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk mencegah air masuk ke dalam rumah. Untuk pencegahan yang lebih maksimal, Anda juga harus tetap menjaga kebersihan lingkungan, seperti buang sampah pada tempatnya dan rutin membersihkan saluran air. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya banjir di lingkungan sekitar. (DRZ)


Discover more from Jethro Property

Subscribe to get the latest posts to your email.