Ventilasi Silang, Cocok Diterapkan pada Hunian di Daerah Tropis!

image

Propertinews.id, Tangerang – Kondisi iklim tropis di Indonesia membuat masyarakat banyak menggunakan pendingin ruangan (AC) pada huniannya. Pemakaian pendingin ruangan tentu berpengaruh pada pemakaian listrik yang berlebihan dan juga peningkatan biaya listrik. Jika Anda ingin mengurangi pemakaian pendingin ruangan, Anda bisa mengaplikasikan sistem ventilasi silang pada hunian Anda.

 

Mengenal Sistem Ventilasi Silang

Ventilasi silang merupakan metode sirkulasi udara yang menggunakan dua jalur bukaan (jendela, pintu, atau ventilasi) dengan posisi yang saling berhadapan dalam sebuah ruangan. Sistem ini akan menciptakan adanya perputaran udara, satu sisi tempat udara masuk, dan sisi lain sebagai tempat udara pengap untuk keluar. Ventilasi ini juga dapat berfungsi untuk memperlancar proses sirkulasi udara secara terus-menerus.

Selain membantu memperlancar sirkulasi udara pada hunian Anda, berikut beberapa manfaat ventilasi silang pada hunian di daerah tropis.

 

  1. Meningkatkan Kualitas Udara pada Hunian

Sistem perputaran udara pada ventilasi silang akan lebih optimal dibanding dengan ventilasi biasa. Dengan perputaran udara yang optimal, maka kualitas udara pada hunian tentu akan menjadi lebih bersih, segar, dan tidak terasa pengap.

Selain meningkatkan kualitas udara, suhu pada ruangan juga akan menjadi normal dan stabil karena dengan ventilasi silang, tidak akan ada udara yang terperangkap dalam ruangan dan membuat suhu ruangan menjadi naik. Sistem ventilasi silang juga akan membuat ruangan dan hunian Anda menjadi segar dan tidak gerah.

 

  1. Memberikan Akses Cahaya yang Maksimal

Penerapan sistem ventilasi silang akan membuat ruangan Anda menjadi terang. Posisi penempatan ventilasi yang ditempatkan secara berhadapan dan bersilang akan membuat cahaya alami masuk ke dalam ruangan secara maksimal. Apalagi, pancaran sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sehingga dapat membantu Anda dan keluarga dalam menerapkan pola hidup sehat.

 

  1. Hemat Energi Listrik

Dengan akses cahaya yang masuk ke dalam ruangan, tentu membuat hunian Anda tidak perlu menggunakan lampu dari pagi hingga sore hari. Selain itu, sirkulasi udara yang baik juga akan membuat ruangan Anda menjadi lebih segar dan sejuk agar Anda dapat meminimalisir penggunaan pendingin ruangan. Jadi, dengan menerapkan sistem ventilasi silang, Anda dapat menghemat penggunaan listrik pada hunian Anda!

 

  1. Mengurangi Kadar Kelembapan dan Bau Pada Ruangan

Udara yang terperangkap dalam waktu yang lama pada sebuah ruangan akan meningkatkan tingkat kelembapan dan menimbulkan bau apek pada ruangan. Penggunaan ventilasi silang akan meminimalisir kadar kelembapan pada ruangan Anda karena proses sirkulasi udara yang berjalan dengan lancar. Dengan begitu, ruangan Anda akan terbebas dari bau apek dan hunian Anda akan menjadi semakin nyaman untuk ditinggali.

 

Untuk memaksimalkan manfaat dari ventilasi silang pada hunian Anda, jangan lupa untuk menciptakan lingkungan yang mendukung supaya kualitas udara yang masuk ruangan Anda bersih dan bebas polusi. Anda dapat menyediakan ruang terbuka dan ruang hijau pada hunian Anda untuk membantu menyaring polusi dan meningkatkan kadar oksigen di sekitar hunian Anda.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Dengan begitu, pengaplikasian sistem ventilasi silang pada hunian Anda akan memberikan manfaat secara maksimal. Anda juga perlu memperhatikan standar ideal dalam pemasangan ventilasi silang. Standar Nasional Indonesia (SNI) menyarankan ukuran untuk jalan keluar masuknya cahaya pada sebuah ruangan yaitu minimal 20% dari luas lantai ruangan. Sedangkan, ukuran ventilasi jendela minimal 5% dari luas ruangan.

Sudah siap untuk menerapkan sistem ventilasi silang pada hunian Anda? Selamat mencoba! (FIY)

Jual Apartemen Sudirman

Sewa Apartemen Sudirman

Rent  Apartment Sudirman

Sell   Apartment  Sudirman