Jangan Salah! Ini Perbedaan Karpet dan Permadani

JAKARTA,KOMPAS.com – Serupa tapi tak sama! Mungkin itulah sebutan bagi dua elemen dekorasi ruangan yakni karpet dan permadani.

Meski terlihat sama secara sekilas, namun kedua produk ini ternyata memiliki perbedaan baik dari segi ukuran hingga teksturnya.

Agar tidak salah membeli produk saat hendak mendekorasi rumah, berikut beberapa perbedaan antara karpet dan permadani.

Ukuran

Perbedaan utama antara karpet dan permadani terletak pada ukurannya. Permadani memiliki ukuran lebih kecil dari karpet. Panjang sebuah permadani biasanya tidak melebihi 2 meter.

Di sisi lain, karpet berukuran besar dan sering digunakan untuk menutupi lantai dari dinding ke dinding.

Dengan kata lain, jika Anda ingin menutupi seluruh ruang lantai ruangan, maka karpet merupakan produk yang Anda cari.

Penggunaan

Karpet merupakan pilihan penutup lantai asli. Jika lantai asli di rumah Anda telah kehilangan kilau dan kemewahannya, maka karpet adalah solusinya.

Permadani, di sisi lain dapat digunakan untuk berbagai keperluan selain menutupi permukaan lantai. Anda bisa memanfaatkan permadani sebagai keset pintu yang cantik hingga hiasan dinding.

Pemadani juga menjadi pilihan utama untuk melengkapi tampilan kontemporer atau etnik interior rumah Anda.

Spesifikasi

Karena permadani cukup kecil dan multi fungsi, produk ini tersedia dalam berbagai pola, tekstur, dan bentuk.

Anda dapat memiliki permadani berumbai atau berbulu di bawah meja makan atau sofa untuk menambahkan tekstur dan aksen ke dalam ruangan.

Karpet juga tersedia dalam berbagai bahan seperti katun, wol atau goni. Namun motif yang ditawarkan tidak sebanyak permadani.

Karena dimaksudkan penggunaan yang lebih permanen, karpet biasanya lebih tebal dan lebih berat untuk membuatnya tak banyak bergeser.

Pembersihan

Dalam pembersihan, permadani jauh lebih mudah dibersihkan daripada karpet. Karena berukuran terlalu besar, karpet, tidak dapat sering dibersihkan atau dicuci.

Untuk orang yang tinggal di daerah perkotaan di mana udara penuh dengan debu, selalu disarankan untuk menggunakan permadani agar mudah dibersihkan.

Jual Apartemen Sudirman

Sewa Apartemen Sudirman

Rent  Apartment Sudirman

Sell   Apartment  Sudirman