6 Alasan Sewa Apartemen Lebih Untung Daripada Rumah

Bagi yang telah berpasangan maupun kalangan lajang yang telah dewasa, mungkin saat ini sudah mulai mencari-cari tempat tinggal untuk belajar mandiri. Tak jarang mereka ini seringkali bingung untuk menyewa apartemen atau mengontrak rumah atau kost-kostan.

Ketimbang memilih rumah kontrakan atau kost-kostan, ternyata memilih menyewa apartemen lebih memiliki keunggulan. Apalagi, bagi kalangan yang hidup di daerah perkotaaan besar dan padat seperti Jakarta ini. Berikut 5 keunggulannya.

  1. Lokasi strategis

Biasanya lokasi perkantoran dikelilingi dengan gedung-gedung apartemen, ini bisa menjadi salah satu pertimbangan kita. Dengan jarak kantor dan tempat tinggal yang dekat ini, kita dapat menghemat waktu dan tidak mengalami stres karena macet di jalan. Selain itu, ketika kita sampai di kantor pun pikiran masih fresh dan siap untuk bekerja.

Apalagi jika bisa mendapatkan apartemen yang hanya membutuhkan waktu untuk jalan kaki ke kantor. Kita tidak hanya hemat waktu, tapi hemat uang transportasi juga, serta tidak pula bayar parkir kendaraan. Lokasi apartemen yang selalu ada di tengah pusat kota, membuat kita juga mudah untuk melakukan perjalanan ke mana pun selain kantor.

  1. Fasilitas lengkap

Para penyewa apartemen sudah pasti akan menerima beberapa fasilitas yang tidak ada jika mengontrak atau mengekost. Fasilitas ini mulai dari kolam renang, gym, minimarket, foodcourt sampai shopping mall juga tersedia di dalam apartemen tempat tinggal kita.

Tidak perlu capek-capek keluar dari gedung apartemen capek-capek dan menembus kemacetan ibu kota untuk menikmati fasilitas tersebut. Hal ini pastinya sangat cocok bagi para eksekutif muda dan pasangan bekerja yang sibuk.

  1. Praktis

Menyewa apartemen juga tidak akan dipusingkan dengan masalah utilitas seperti air mampet atau listrik mati. Sebab, jika ada masalah dengan utilitas apartemen, kita hanya cukup memanggil bagian maintenance gedung apartemen. Kemudian, dengan cepat, petugas inipun datang untuk memperbaiki masalah utilitasnya.

Lain halnya, jika kita mengontrak rumah. Ketika ada masalah gangguan saluran air, AC, atau listrik, kita harus menunggu pemilik rumah terlebih dahulu. Jika tempat tinggalnya tidak jauh, tentu tidak masalah. Namun, jika hunian pemilik rumah jauh dari tempat tinggal kita, tentunya kondisi ini mengesalkan karena kita harus menunggu terlalu lama.

  1. Keamanan terjamin

Apartemen biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih dan ketat. Tak hanya tersedia petugas keamanan yang selalu bersiaga selama 24 jam, sistem keamanan seperti CCTV dan alarm pun biasanya terpasang di setiap sudut.

Tamu yang datang pun biasanya diwajibkan lapor untuk mendapatkan akses ke unit yang dituju. Apabila mencurigakan dan keperluannya tidak jelas, maka tamu itu tidak bisa masuk. Jadi tinggal di apartemen ini, kita tidak perlu khawatir jika ada maling.

  1. Private

Privasi adalah salah satu kelebihan lain yang membuat banyak orang pada akhirnya memilih untuk sewa apartemen. Yang satu ini tepat sekali bagi mereka yang tidak suka basa-basi dengan tetangga.

Bagi sebagian orang, tempat beristirahat itu harus tenang dan jauh dari kebisingan. Sehingga setelah kita lelah bekerja seharian penuh, menikmati waktu santai tanpa gangguan di apartemen pun menjadi pilihan.

  1. Memberikan waktu untuk nabung beli rumah

Menyewa apartemen ini memberikan kita waktu dan kesempatan untuk menabung dan mengumpulkan informasi tentang rumah idaman. Semakin banyak dan berkualitas informasi yang diperoleh, maka semakin dekat pula kita dengan rumah impian.

Memutuskan untuk menyewa apartemen bagi sebagian besar orang bisa jadi pilihan yang tepat sebelum membeli rumah. Terlebih bagi mereka yang merasa 6 alasan di atas sebagai kebutuhan.

Eksekutif muda dengan gaji 10 juta atau pasangan pengantin baru dengan penghasilan minimal Rp 7 juta bisa memilih opsi ini. Apalagi sekarang sudah banyak apartemen dua kamar tidur yang disewakan dengan harga mulai dari Rp3 juta per bulan di tengah Kota Jakarta.

Memutuskan untuk membeli rumah yang sesuai selera, jelas harus hati-hati dan penuh kalkulasi. Tentu kita tidak ingin menyesal karena merasa salah pilih karena rumah itu untuk jangka panjang. Jadi, sekarang kita bisa sewa apartemen dulu untuk menabung beli rumah sendiri.